Budidaya Tanaman Mahoni Untuk Pembersih Polusi

Budidaya Tanaman  Mahoni Untuk Mengurangi Polusi Udara dan Menambah Hasil Kerajinan.


Pohon mahoni adalah tanaman yang berasal dari Hindia Barat. Pohon ini memiliki banyak manfaat. Lalu apa saja sih manfaatnya? Batang mahoni yang berwarna coklat kemerahan dan kuat dapat dijadikan sebagai perabotan atau fitur yang elegan dan cantik. 

Kemudian biji mahoni yang memiliki manfaat  luar biasa untuk kesehatan. Biji mahoni mengandung saponinn dan flavonida. Kandungan inilah yang dapat  membantu pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Jadi bagi Anda  yang menderita penyakit jantung, atau tekanan darah tinggi anda dapat mengkonsumsi biji mahoni, tentunya dengan dosis yang telah ditentukan agar tidak berakibat fatal pada kesehatan Anda.

Kayu pohon ini baru bisa digunakan ketika pohon berumur 10 tahun. Buahnya berbentuk bulat, berkeluk lima, dan berwarna coklat. Selain memiliki manfaat yang beragam, biji dari pohon ini juga memiliki efek samping jika di konsumsi secara berlebihan. Jangan terlalu banyak mengonsumsi saponin, karena dapat menyebabkan batu empedu. 

Pohon ini dapat tumbuh dengan baik dan cepat di daerah tropis, terutama di pasir payau dekat pantai, dan menyukai tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Dan Anda dapat dengan mudah menemukan pohon ini di Indonesia. Pohon ini termasuk pohon yang besar karena tingginya dapat mencapai 35-40m dengan diameter 125cm.

Nah, dari sedikit penjelasan di atas, pohon ini banyak mengandung manfaat bagi manusia dan alam. Yuk intip tips-tips penanaman bibit pohon mahoni yang baik dan benar.

1. Menyiapkan lapangan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari lahan untuk tempat pembudidayaan bibit pohon mahoni. Lahan perlu dibersihkan dari sisa-sisa penebangan pohon dan sampah alang-alang. Jika sudah bersih galilah lubang sedalam 20-25cm.

2. Pembibitan 

Hal selanjutnya  yang harus Anda lakukan adalah pembibitan. Pembibitan dapat dilakukan dengan cara mencangkok, okulasi, atau melalui biji. Dari ketiga cara tersebut, bembibitan melalui biji adalah yang terbaik. Bibit pohon mahoni ditanan di dalam tanah dan dibungkus plastik.

3. Penanaman

Untuk penanaman bibit pohon mahoni dapat dilakukan ketika musim hujan. Penanaman bibit harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak bibit dengan cara menyobek pembugkusnya, serta Anda juga harus memperhatikan jarak tanam bibit yang satu dengan yang lainnya agar tidak terlalu rapat atau terlalu renggang.

4. Perawatan atau pemeliharaan

Pemeliharaan dilakukan agar bibit dapat tumbuh dan menghasilkan pohon mahoni  yang yang mempunyai kualitas yang bagus. Dalam pemeliharaan bibit anda dapat dilakukan melauli teknik penyulaman, penyiangan, pendangiran dan pemupukan. 


  • Penyulaman pada bibi dapat dilakukan pada tahun pertama selama musim penghujan .hal ini dilakukan agar bibit terhindar dari hama.
  • Pendaringan adalah cara untuk membuat tanah menjadi lebih gembur agar mudah dalam menyerap air disekitaran lahan.
  • Pemupukan juga berlaku pada tanaman ini agar bibit pohon mahoni dapat tumbuh dengan baik. Pemupukan dilakukan dengan cara menaburkan pupuk di sekeliling bibit.





Baca Juga : 
Bibit Ekaliptus, Tanaman Yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kehidupan
Rahasia Budidaya Tanaman Pucuk merah
Jika anda ingin menanam anggur merah lokal di pot, sebaiknya

Sama hal nya dengan semua jenis tanaman, pohon mahoni juga dapat terserang hama dan penyakit. Untuk menghilangkan parasit pada pohon mahoni, dapat dilakukan dengan cara membuang bagian yang terkena hama. 

Perlu diingat bibit pohon mahoni  yang sudah besar, pada musim kemarau akan mudah terbakar. Hal tersebut terjadi karena kandungan getah yang terdapat dalam pohon mahoni dapat menyebabkan kebakaran. 

Maka Anda juga harus memperhatikan bagaimana cara mencegahnya. Untuk mencegah hal tersebut anda dapat membuat skat-skat pada pohon mahoni. Hal ini dapat membantu mencegah  terjadinya kebakaran.

DUTA BIBIT GROUP memudahkan anda yang sedang mencari bibit pohon mahoni unggul. Silahkan hubungi kami di
 WA 081333395064 | Call 081333395064. 
Siap dan berpengalaman mengirim ke luar jawa dan seluruh Indonesia.

0 Response to "Budidaya Tanaman Mahoni Untuk Pembersih Polusi"

Untuk Informasi Lebih Lengkap. Mohon untuk Menghubungi Kami Langsung Melalui Kontak Yang Sudah Ada di Dalam Website. Maaf Kami Tidak Merespon Dengan Cepat Secara Online. Silahkan Ajukan Pesanan maupun pertanyaan langsung ke Nomor Kontak Kami

Hubungi Kami +62 813 3339 5064
Whatsapp : 081 333 395 064
SMS/Phone : 0823 3746 1248
BBM : 2BE066D4
Email : Dutabibit1@gmail.com

Terimakasih.
Pak Iwan