Bibit Ekaliptus, Tanaman Yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kehidupan

Bibit Ekaliptus, Tanaman Yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kehidupan

pohon kayu ekaliptus


Ekaliptus merupakan jenis tanaman yang berasal dari Australia, di Australia ada hampir 700 jenis spesies tanaman ekaliptus ini. Namun, ekaliptus juga ada yang ditemukan di beberapa negara seperti Indonesia, Papua Nugini, dan Filipina. Bahkan di Indonesia seendiri banyak pula yang membudidayakan bibit ekaliptus.

Hampir di setiap penjuru Negeri Kanguru bisa dijumpai tanaman yang satu ini, hal ini karena pohon ekaliptus dapat mudah beradaptasi dengan iklim yang ada di Australia. Saking banyaknya, bahkan tidak ada yang dapat menandingi ekaliptus yang ada di Australia dengan eukaliptus dimanapun.

Ada beberapa jenis bibit ekaliptus yang berbahaya bagi hewan, salah satu hewan yang dapat teracuni oleh ekaliptus yaitu koala, herbivora marsupial (berkantung), serta beberapa oposum. Hal ini dapat terjadi karena ekaliptus mampu menghasilkan sebuah minyak esensial yang dihasilkan oleh daun yang memiliki kandungan disinfektan yang sangat kuat terutama dalam jumlah yang besar.

Bahaya lain yang ditimbulkan oleh pohon ekaliptus yaitu sering kali dahan ekaliptus menjatuhi seseorang yang ada di bawahnya. Ini disebabkan karena daun ekaliptus pada musim kemarau akan lebih cepat menguap sehingga daun mudah kering dan gugur. Sehingga pohon akan kering dan dahannya mudah patah.

Selain itu, ketika musim panas tiba, maka ekaliptus akan mengeluarkan minyak yang sangat rentan sekali terbakar. Bahkan ada pula yang menemukan pohon ekaliptus dapat meledak karena kandungan minyaknya sangat tinggi. 


Ketika terbakar, maka api akan lebih mudah menyebar karena kandungan minyaknya sangat berlebih. Karena inilah, di Australia pernah terjadi kebakaran di Cannbera yang terjadi karena pohon ekaliptus.
Adapun klasifikasi ilmiah mengenai bibit ekaliptus yaitu sebagai berikut.
Kingdom : Plantae
Divisi : Mafniliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Myrtales
Famili : Myrtaceae
Genus : Eucaliptus

Selain ekaliptus memiliki bahaya yang cukup tinggi baik bagi manusia dan hewan, namun di sisi lain ekaliptus juga banyak memiliki manfaat sehingga banyak orang yang mulai membudidayakan bibit ekaliptus. Tanaman ekaliptus memiliki akar yang sangat mudah menyerap air, sehingga tanaman ini banyak di tanam untuk mencegah terjadinya salinasi tanah.
Baca Juga : 

Tidak hanya itu, kayu dari pohon ekaliptus yang sudah dewasa dapat digunakan sebagai hiasan, kayu bakar, timber, serta kayu plup yang pastinya memiliki harga ekonomis. Jika minyak ekaliptus bisa menyebabkan keracunan bagi hewan dalam jenis marsupial, maka lain halnya bagi manusia. 
Bagi manusia, minyak ekaliptus dapat dimanfaatkan sebagai pembersih, suplemen makanan (namun dalam jumlah kecil), pewangi, coung drop, serta decongestants.

Minyak ekaliptus juga bisa dimanfaatkan sebagai obat pengusir serangga yang biasa dikenal untuk mengusir nyamuk. Oleh sebab itu, ada berbagai jenis obat nyamuk yang menggunakan bahan ekaliptus dalam komposisinya. 
Untuk bagian nektar dari bunga ekaliptus dapat menghasilkan madu yang memiliki kualitas yang sangat tinggi, madu ini diberi nama madu monofloral.

Selain itu, oleh masyarakat suku Aborigin, daun dari ekaliptus bisa digunakan untuk menangkap ikan. Cara kerjanya yaitu dengan membasuh daun ekaliptus pada air dan air tersebut dapat digunakan untuk melumpuhkan ikan, sehingga proses penangkapan ikan lebih mudah. 
Karena tanaman ini memiliki banyak manfaat, oleh sebab itu di Indonesia saat ini banyak yang mulai membudidayakan bibit ekaliptus.

Dengan membudidayakan bibit ekaliptus, maka akan ada banyak sekali keuntungan baik secara ekonomis maupun secara material. Jika dilihat dari berbagai manfaat yang dimiliki ekaliptus ini, maka pantas saja jika saat ini banyak yang mulai tertarik untuk menanam bibit ekaliptus.

DUTA BIBIT GROUP memudahkan anda yang sedang mencari bibit ekaliptus unggul. Silahkan hubungi kami di WA 081333395064 | Call 081333395064. Siap dan berpengalaman mengirim ke luar jawa dan seluruh Indonesia.

0 Response to "Bibit Ekaliptus, Tanaman Yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kehidupan"

Untuk Informasi Lebih Lengkap. Mohon untuk Menghubungi Kami Langsung Melalui Kontak Yang Sudah Ada di Dalam Website. Maaf Kami Tidak Merespon Dengan Cepat Secara Online. Silahkan Ajukan Pesanan maupun pertanyaan langsung ke Nomor Kontak Kami

Hubungi Kami +62 813 3339 5064
Whatsapp : 081 333 395 064
SMS/Phone : 0823 3746 1248
BBM : 2BE066D4
Email : Dutabibit1@gmail.com

Terimakasih.
Pak Iwan