Rahasia Budidaya Bibit Suren Mudah Dan Praktis

Budidaya Bibit Suren - Mari Belajar Bertani Dengan Cara Membuat Bibit Suren Sendiri, Mudah dan Praktis


Pohon suren merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditanam oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Kebiasaan masyarakat Indonesia ketika menanam bibit suren lebih cenderung membeli bibitnya dari pada membuat bibit suren sendiri. Hal ini karena, membeli bibit suren secara langsung dirasa lebih mudah dan cepat.

Namun, tahukah Anda bahwa membuat bibit suren sendiri memberikan banyak manfaat dan pengetahuan. Selain itu, membuat bibit sendiri dapat menciptakan peluang usaha bagi Anda. Sehingga, Anda tidak hanya menanam namun Anda juga bisa memproduksi dan menjual bibit kepada orang lain. Bagi Anda yang penasaran, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara pembibitan pohon suren khusus untuk Anda.

Pembibitan benih suren termasuk dalam rekalssitran dimana menggunakan cara perkecambahan yang termasuk dalam tipe biji epigeal. 


Dalam mencari benih bibit suren yang baik, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam mencari bibit yang unggul sebagai berikut.


1. Menyeleksi asal pohon suren yang akan dijadikan sebagai bibit dengan melihat lokasi yang terbaik, serta hasil pohon yang terbaik.

2. Mencari buah yang suren yang unggul yang mempunyai kriteria matang fisiologis yaitu memiliki ciri-ciri kulit buah berwarna cokelat namun sempurna dalam artian tidak pecah-pecah.

3. Untuk mendapatkan biji suren, maka lakukan penjemuran terhadap buah hingga kulit dan biji terpisah dengan cara dijemur selama 2 hari. Jika antara biji dan kulit sudah terpisah, maka keringkan biji dengan cara diletakkan pada tempat yang teduh. 

4. Anda juga bisa mendapatkan benih yang sudah tersedia dan terjual di pasaran, namun benih ini biasanya tidak terseleksi dengan baik, sehingga kadang banyak benih yang tidak tumbuh ketika ditanam.

Setelah mendapatkan dan menyeleksi benih yang akan dijadikan bibit suren, maka Anda harus melakukan penyimpanan benih sebelum ditanam. Sebaiknya bibit disimpan menggunakan tempat yang kedap udara, seperti pada toples, kaleng ataupun plastik yang tertutup rapat. 
Simpanlah benih pada suhu ruangan antara 20-30°C agar bibit mampu bertahan dalam waktu 6 bulan serta hasil perkecambahan akan maksimal.

Setelah benih disimpan pada wadah yang kedap udara, maka langkah selanjutnya adalah pembuatan bibit suren. 

Nah adapun langkah yang harus dilakukan dalam membuat bibit suren adalah sebagai berikut.


1. Penyemaian benih

Dalam penyemaian benih maka yang perlu disiapkan adalah bak kecambah serta media semai yang berupa pasir halus yang sudah diayak yang memiliki tebal sebanyak 20-25cm. 
Langkah selanjutnya adalah menaburkan benih ke dalam media, sebelum benih ditaburkan sebaiknya campurkan benih terlebih dahulu menggunakan pasir halus. Jika benih sudah ditaburkan pada media, maka langkah selanjutnya adalah menutup benih dengan menggunakan pasir halus setebal 1-2cm.

2. Penyapihan

Setelah penyemaian benih dilakukan, maka langkah selanjutnya dalam membuat bibit suren yaitu dengan melakukan penyapihan benih. Penyapihan benih ini dilakukan dengan menggunakan bedeng sapi yang di bagian atapnya menggunakan jerami atau juga bisa menggunakan daun kelapa. 
Siapkan kantung plastik warna hitam atau yang biasa dikenal dengan polibek yang diisi dengan mencampur tonsil dengan pupuk kandang dengan menggunakan perbandingan 5:1. Setelah semuanya terisi maka langkah selanjutnya polibek tersebut diletakkan di bedeng sapih yang sudah tertutup jerami. 

3.   Penanaman

Kemudian, benih cambah yang sudah semaikan selama 3-4 minggu kemudian di tanam pada polibek yang sudah disediakan. Tunggulah bibit selama 2-4 bulan hingga bibit suren siap untuk ditanam pada lahan yang sesungguhnya.

Mudah bukan? Dengan mencoba membuat bibit aren sendiri maka sama saja Anda mengurangi pengeluaran yang seharusnya digunakan untuk membeli bibit. Selain itu dengan membuat bibit suren sendiri Anda juga bisa membuka bisnis penjualan bibit suren kepada orang lain. 

Bagi anda yang membutuhkan bibit suren maupun biji suren bisa menghubungi kami di sini 

0 Response to "Rahasia Budidaya Bibit Suren Mudah Dan Praktis"

Untuk Informasi Lebih Lengkap. Mohon untuk Menghubungi Kami Langsung Melalui Kontak Yang Sudah Ada di Dalam Website. Maaf Kami Tidak Merespon Dengan Cepat Secara Online. Silahkan Ajukan Pesanan maupun pertanyaan langsung ke Nomor Kontak Kami

Hubungi Kami +62 813 3339 5064
Whatsapp : 081 333 395 064
SMS/Phone : 0823 3746 1248
BBM : 2BE066D4
Email : Dutabibit1@gmail.com

Terimakasih.
Pak Iwan