Rahasia Membuat Bibit Aren Berkualitas Unggul

Tips Membuat Bibit Aren Berkualitas Unggul


Arengapinnata atau yang sering disebut dengan aren yaitu tumbuhan serbaguna yang fungsinya sangat penting untuk kehidupan. Biasanya pohon aren tumbuh di permukaan yang tingginya antara 3-1700 m di atas permukaan laut. 

Sedangkan tinggi tempat yang ideal untuk membudidayakan tanaman aren yaitu 400-1500 m di atas permukaan air laut. Berikut cara membudidayakan bibit aren agar menghasilkan kualitas yang unggul. 
Pada suhu 25-32 derajat celcius, pohon aren umumnya dapat menghasilkan lebih banyak air nira. Selain keadaan alam, cara pengolahan pun dapat menjadikan faktor pengaruh jumlah nira yang dihasilkan. 

Anda dapat melakukan berbagai macam cara agar mendapat banyak nira, diantaranya dengan cara pemilihan bibit, pemupukan, perawatan, pengairan dan perlakuan salinitas. Akan tetapi jika ada kesalahan dalam melakukan perawatan pohon aren maka akan terjadi penurunan kapasitas nira. 

Untuk bisa memilih bibit aren yang unggul, anda harus mencari indukan yang baik pula. Ciri-ciri indukan aren yang baik yaitu memiliki akar yang berbentuk tanggul, daunnya berbentuk panjang serta lebar, memiliki batang yang berukuran besar, ukuran akar tanggul lebih besar daripada ukuran batang, pelepah daunnya berukuran besar. 

Saat pohon aren sedang menghasilkan bunga betina, sebaiknya pohon aren tersebut tidak berdekatan dengan pohon aren lain yang sedang menghasilkan bunga betina pula. 
Selain itu pohon aren yang dapat dijadikan indukan yaitu pohon aren yang memiliki lengan mayang berukuran sedang, menghasilkan buah yang banyak, memiliki lengan mayang yang tidak terlalu keras, tekstur ijuk yang dimilikinya cukup halus dan berdiameter lebih dari 4 cm.

Setelah memilih indukan yang baik, anda juga harus memilih buah yang bagus pula untuk dijadikan sebagai bibit aren. Buah yang sudah benar-benar masak akan lebih bagus untuk dijadikan bibit aren.
Biasanya buah yang dijadikan benih terletak di bagian luar mayang setengah untaian mayang di bagian atas. Anda harus menghindari menggunakan buah yang berada di bagian dalam mayang, karena dapat menghasilkan kualitas yang kurang baik. 

Sebaiknya pilihlah buah yang bergerombol pada pohon yang sudah tua, kemudian potong bagian buah menjadi dua bagian dan buang dampal yang berada di bagian mayang, lalu biarkan dompolan buah bagian atas tetap di pohon. 

Saat buah sudah masak, buah akan jatuh dengan sendirinya kumpulkan buah yang sudah masak, kemudian jemur diatas sinar matahari selama beberapa hari, setelah kering injak buah agar terpisah dari kulitnya lalu cuci menggunakan air yang mengalir sampai bersih.

Setelah buah aren di cuci bersih kemudian jemur buah aren selama setengah bulan dengan cara mengangin-anginkan saja. Setelah kering, rendamlah biji aren tersebut sampai sepuluh hari. 
Semaikan biji aren di kedalaman 25cm kemudian isi dengan pasir sungai dengan tebal 15cm ke dalam lubang tersebut. Lakukan dengan memasukan biji aren hingga ketebalannya  mencapai 5 cm, tutup kembali dengan pasir yang tebalnya 8 cm. 

Biji aren ini harus anda siram setiap dua hari sekali agar dapat menjadi kecambah, biasanya proses perkecambahan akan berlangsung selama tiga bulan. Jika mata tunasnya telah tumbuh hingga mencapai 5cm, lakukan penanaman di polybag.

Membuat bibit aren menjadi bibit yang berkualitas unggul, anda dapat melakukan tahapa-tahapan yang telah dijelaskan di atas seperti pemilihan indukan, pemilihan buah, pengumpulan buah serta penyemaian biji. 

Sekian tips untuk membuat bibit aren yang berkualitas unggul, selamat mencoba untuk membuat bibit aren yang berkualitas unggul dan memiliki harga jual yang tinggi di masyarakat.  



0 Response to "Rahasia Membuat Bibit Aren Berkualitas Unggul"

Untuk Informasi Lebih Lengkap. Mohon untuk Menghubungi Kami Langsung Melalui Kontak Yang Sudah Ada di Dalam Website. Maaf Kami Tidak Merespon Dengan Cepat Secara Online. Silahkan Ajukan Pesanan maupun pertanyaan langsung ke Nomor Kontak Kami

Hubungi Kami +62 813 3339 5064
Whatsapp : 081 333 395 064
SMS/Phone : 0823 3746 1248
BBM : 2BE066D4
Email : Dutabibit1@gmail.com

Terimakasih.
Pak Iwan